Skip to content

Resep untuk domba berbumbu dan fatteh terong

Tahun lalu saya berada di Breddo, sebuah taqueria yang sangat bagus di Soho London, dan mendapati diri saya memesan kepiting nacho. Mereka luar biasa, dan mengingatkan saya mengapa penyimpangan dari resep “asli” tidak selalu merupakan hal yang buruk. El pastor, makanan pokok jalanan yang sangat lezat di Mexico City, adalah terjemahan kebab Lebanon. Nachos kini terbang bebas hambatan di Wahaca, dengan alpukat dan tomat tomat dan sobrasada. Fatteh Timur Tengah ini memiliki getaran serupa, menggunakan pitta panggang untuk meraup topping lezat.
Bumbu domba dan terong fatteh

Kekacauan bumbu Timur Tengah yang manis, daging domba, terong panggang dan buncis renyah. Sajikan solo atau dengan salad atau panggangan akhir musim panas.

Persiapan 15 mnt
Masak 40 menit
Untuk 4-6 porsi

2 terong, potong menjadi 2cm
6 sdm minyak zaitun
3 roti pitta besar, dibelah terbuka seperti buku dan robek menjadi potongan-potongan besar
2 bawang merah sedang, kupas dan cincang halus
2 sdt biji jintan
2 sdt biji ketumbar
1 sdt allspice
2 siung bawang putih, kupas dan ditumbuk
1 sdt garam
1 sdt kayu manis tanah
1 sdt paprika asap
400g domba cincang
2 sdm molase delima

Untuk buncis
3 sdm minyak zaitun
2 siung bawang putih, kupas dan ditumbuk
1 x 400g buncis timah, dikeringkan dan dibilas

Untuk yoghurt bawang putih
½ siung bawang putih, dihancurkan
100g yoghurt Yunani
1 sdm minyak zaitun

Melayani
1 genggam kecil setiap daun mint dan peterseli, cincang kasar
3 sdm panggang kacang pinus
1 sejumput pul biber (serpihan cabai Turki) atau paprika, untuk disajikan
Sebar biji delima (opsional)

Panaskan oven sampai 200C / 390F / gas 6, lapisi loyang dengan kertas tahan panas atau kertas timah dan tambahkan potongan terong. Gerimis dalam dua sendok makan minyak, bumbui, aduk, olesi merata dan panggang selama 25-30 menit, sampai keemasan dan gelap di tepinya.

Sementara itu, sebarkan potongan pitta pada nampan terpisah, gerimis dengan dua sendok makan minyak dan pop dalam oven dengan terong untuk delapan hingga 10 menit terakhir memasak, sampai pitta garing dan berubah menjadi emas di ujung-ujungnya. Angkat dan biarkan hingga dingin – potongan tidak perlu dimasak secara merata.

Sementara terong ada di oven, goreng bawang dalam sisa dua sendok makan minyak dalam wajan besar di atas api sedang, sampai keemasan. Saat sedang memasak, hangatkan jintan, ketumbar, dan allspice sebentar dalam wajan kecil, lalu giling menjadi bubuk. Aduk bawang, bersama bawang putih, garam, kayu manis dan paprika, dan masak selama tiga hingga empat menit lagi untuk melunakkan rasa mentah bawang putih dan rempah-rempah. Nyalakan api unggun dan tambahkan daging cincang domba, bumbui sampai merata di wajan. Masak, hancurkan daging cincang dengan sendok, selama tujuh hingga 10 menit, sampai domba matang.

Tambahkan terong yang sudah dimasak ke daging domba, aduk-aduk dalam molase delima, bumbui, dan masak perlahan selama beberapa menit agar rasa bisa bercampur.

Untuk buncis, goreng bawang putih dalam minyak dengan api sedang dan, ketika berwarna keemasan, angkat dan buang. Aduk buncis, bumbui dan goreng sebentar untuk menghangatkannya.

Campurkan bahan yoghurt bawang putih dan bumbui secukupnya.

Saat Anda siap makan, letakkan pitta renyah di atas piring besar dan sendok di atas campuran daging domba-terong, diikuti oleh buncis, yoghurt bawang putih, rempah-rempah, kacang-kacangan, cabai dan biji delima, jika menggunakan. Sajikan sekaligus.

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)